Beranda Pemprov Sumbar Dinilai Lebih Menguntungkan, Gubernur Sumbar Dukung Pengembangan Sistem Pertanian Organik

Dinilai Lebih Menguntungkan, Gubernur Sumbar Dukung Pengembangan Sistem Pertanian Organik

Gubernur Mahyeldi saat menghadiri panen raya padi organik, yang digelar oleh Kelompok Tani Amor di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Agam, Jumat (16/06/2023).

0
1,284
Gubernur Mahyeldi saat menghadiri panen raya padi organik, yang digelar oleh Kelompok Tani Amor di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Agam, Jumat (16/06/2023).

Laporan: Linda Sari

SUMBAR, CARAPANDANG.COM - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mendukung upaya pengembangan pertanian organik di Sumbar. Ia menilai, sistem organik tersebut memiliki banyak keunggulan dari pada non organik, mukai dari segi kesehatan sampai harga.

"Dari segi kesehatan, sistem pertanian organik lebih sehat dari pada non organik. Harganya juga lebih tinggi sehingga keuntungan bagi petani juga akan lebih besar," kata Gubernur Mahyeldi saat menghadiri panen raya padi organik, yang digelar oleh Kelompok Tani Amor di Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Agam, Jumat (16/06/2023).

Ia mengatakan, selama ini ada kecemasan dari masyarakat, untuk pindah ke pertanian organik, produktivitasnya menjadi menurun sehingga menyebabkan kerugian.

Ia menjelaskan, berdasarkan pendapat para ahli, peralihan dari sistem non organik ke organik untuk tahap awal memang mengalami penurunan produktivitas, karena perlu penyesuaian kembali, mulai dari tanah sampai pola perawatan dengan sistem baru. Namun itu hanya sementara.

Dalam jangka panjang, pertanian sistem organik akan membuat kondisi tanah semakin baik, dan produktivitas panen semakin meningkat.

Namun sepertinya, hal itu tidak sepenuhnya benar. Padi organik yang ditanam oleh Kelompok Tani Amor di Agam, jumlah panennya malah lebih meningkat dibanding saat menerapkan sistem pertanian non organik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here