Beranda Kota Bukittinggi Pemko Bukittinggi Gelar Gebyar IVA Test, Sadanis dan Layanan Kontrasepsi

Pemko Bukittinggi Gelar Gebyar IVA Test, Sadanis dan Layanan Kontrasepsi

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, gelar pelaksanaan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksan payudara klinis serta pemasangan MKJP

0
231
Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, gelar pelaksanaan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksan payudara klinis serta pemasangan MKJP

CARAPANDANG - Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, gelar pelaksanaan Gebyar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksan payudara klinis serta pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Kegiatan ini berlangsung di Poltekes Kemenkes Prodi Kebidanan Kota Bukolittinggi. Rabu, (28/08/ 2024) 

Wali Kota Bukittinggi melalui Kepala Dinas Kesehatan, Linda Feroza, menjelaskan, Gebyar IVA Tes, Sadanis dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi wanita dalam program skrining kanker serviks dan kanker payudara. Kegiatan ini diikuti oleh110 orang sasaran Iva Tes, dan sadanis dari 7 Puksemas Kota Bukittinggi  dan 30 orang sasaran peserta KB Jangka Panjang (baik itu IUD maupun IMPLAN).

Ketua TP PKK, Ny. Fiona Erman Safar, menyampaikan, Kota Bukittinggi pada tahun 2023, angka kunjungan deteksi dini kanker serviks sebanyak  344 wus  ( 1.6%) dari 20.880 wanita usia subur, dari angka tersebut dapat kita lihat, masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini. Gebyar IVA tes, sadanis,dan pelaksananan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bukittinggi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here