Beranda Pemprov Sumbar 1 Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Gubernur Mahyeldi: Rahmah El Yunusiah Perempuan Luar Biasa

1 Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Gubernur Mahyeldi: Rahmah El Yunusiah Perempuan Luar Biasa

Gubernur saat menghadiri Milad Satu Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sabtu (04/11/2023) di kompleks sekolah tersebut.

0
1,028
Gubernur saat menghadiri Milad Satu Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sabtu (04/11/2023) di kompleks sekolah tersebut.

Laporan: Linda Sari

SUMBAR, CARAPANDANG.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyebut Syekhah Hajjah Rangkayo Rahmah El Yunusiah sebagai sosok perempuan luar biasa. Berdirinya Diniyyah Puteri Padang Panjang hingga menginjak usia 1 abad pada tahun ini, menjadi saksi betapa besarnya jasa Etek Amah—panggilan akrabnya.

“Kita mengenal Diniyyah Puteri sebagai pondok pesantren khusus perempuan pertama di Indonesia, dan telah melahirkan begitu banyak tokoh bangsa. Perguruan ini adalah buah karya Ibunda kita, Rahmah El Yunusiah, sehingga beliau sangat patut disebut sebagai perempuan luar biasa,” ucap Gubernur saat menghadiri Milad Satu Abad Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sabtu (04/11/2023) di kompleks sekolah tersebut.

Gubernur juga menilai, sosok Rahmah El Yunusiah sudah sangat layak disemati gelar Pahlawan Nasional, karena jasa-jasanya tidak hanya spesifik di dunia pendidikan, melainkan juga berkontribusi besar di berbagai bidang dalam usaha-usaha mewujudkan Kemerdekaan RI di masa lalu.

“Semoga harapan kita segera terealisasi, agar ibunda kita Rahmah El Yunusiah segera disemati gelar Pahlawan Nasional. Kami dari Pemprov Sumbar telah memfasilitasi pengajuan tersebut. Sebab, memang sudah sangat sepantasnya,” ujar Gubernur menekankan.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here