Beranda Jalan-jalan Waikelo Sawah, Sumber Mata Air Sumba

Waikelo Sawah, Sumber Mata Air Sumba

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dibangun pada 1976

0
1,620
istimewa

CARAPANDANG - Bumi Sumba memiliki iklim yang unik, yakni musim kemaraunya yang lebih panjang, sekitar 9 bulan lamanya sedangkan musim penghujannya hanya terjadi sekitar 3 bulan. Hal tersebutlah yang menjadikan tanah Sumba cenderung tandus, kering dan bahkan di beberapa titik juga kesulitan air. Namun untungnya, di Sumba banyak terdapat sumber mata air tawar dan salah satunya yang tak pernah kering meskipun musim kemarau sekalipun adalah Waikelo Sawah.

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dibangun pada 1976, Waikelo Sawah ini dirancang untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik. Pengadaan pembangkit listrik itu pun menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama di Sumba ketika itu. Pembangunan bendungan air terjun ini diprakarsai oleh Camat Lele Umbu Zogara.

Bendungan-air-terjun-Waikelo-Sawah-dibuat-pada-tahun-1976-yang-dirancang-untuk-irigasi-sawah

Berada di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat, menjadikan suasana di Waikelo Sawah ini sangat teduh dan menyegarkan. Terkadang di sekitar kolam, Anda akan melihat beberapa penduduk lokal setempat yang datang untuk sekedar mandi dan mencuci pakaian sambil menikmati pemandangan di sekitar. Apalagi ketika musim kemarau datang, Waikelo Sawah akan sangat ramai didatangi.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait