Beranda Kota Bukittinggi Pjs Wali Kota Bukittinggi Dorong Literasi Warga: “Gedung Baru Perpustakaan Dibangun Perpusnas dan e-Library Segera Terwujud”

Pjs Wali Kota Bukittinggi Dorong Literasi Warga: “Gedung Baru Perpustakaan Dibangun Perpusnas dan e-Library Segera Terwujud”

Pertemuan Pjs. Wali Kota Bukitinggi, H. Haji Syopiar Rustam, dengan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Adin Bondar, Rabu (16/10/2024).

0
103
Pertemuan Pjs. Wali Kota Bukitinggi, H. Haji Syopiar Rustam, dengan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Adin Bondar, Rabu (16/10/2024).

BUKITTINGGI, CARAPANDANG - Perpustakaan memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi masyarakat. Apalagi bagi Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, yang dikenal banyak melahirkan para penyair, salah satunya adalah Taufik Ismail,  tokoh puisi Indonesia. 

Oleh sebab itu, rencana Pemerintah Kota Bukittinggi untuk pembangunan gedung perpustakaan, bak gayung bersambut. Hal ini terungkap dalam pertemuan Pjs. Wali Kota Bukitinggi, H. Haji Syopiar Rustam, dengan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Adin Bondar, Rabu (16/10/2024).

Bahkan pada “pertemuan lobby” itu, rencana Pj Wako untuk segera mewujudkan perpustakaan digital atau e-Library di Bukittinggi juga mendapat dukungan penuh dari Perpusnas.

Pjs. Wako Bukittinggi, H. Hani Syopiar Rustam didampingi Pj. Sekda, Elqadri dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sustinna, mengungkapkan, pembangunan gedung perpustakaan Bukittinggi akan didukung dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp10 miliar lebih. 

Selain itu, pemerintah pusat melalui Perpusnas juga akan bantu Rp1 miliar untuk mendukung perlengkapan gedung itu nantinya. "Dana DAK nanti, akan digunakan untuk pembangunan fisik perpustakaan Bukittinggi, sebesar Rp10 miliar lebih ditambah Rp1 miliar, untuk penambahan buku dan perangkat pendukung lainnya," ungkapnya.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here