Beranda Kabupaten Agam Pemkab Agam Gelar Capacity Building untuk Optimalisasi Kinerja TPID

Pemkab Agam Gelar Capacity Building untuk Optimalisasi Kinerja TPID

Melalui kegiatan capacity building ini, TPID diharapkan dapat memiliki keseragaman persepsi dalam menyusun strategi pengendalian inflasi di Kabupaten Agam

0
364
Melalui kegiatan capacity building ini, TPID diharapkan dapat memiliki keseragaman persepsi dalam menyusun strategi pengendalian inflasi di Kabupaten Agam

AGAM, CARAPANDANG - Pemerintah Kabupaten Agam menggelar kegiatan Capacity Building untuk meningkatkan kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) agar pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mereka dapat terlaksana dengan optimal. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Agam pada Selasa (27/8).

Dalam sambutannya, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, menyampaikan bahwa terdapat sembilan upaya pengendalian inflasi oleh Pemerintah Daerah yang dievaluasi secara nasional. Upaya tersebut meliputi pemantauan harga dan stok, rapat teknis TPID, menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, pencanangan gerakan menanam, operasi pasar murah bersama dinas terkait, inspeksi mendadak (sidak) ke pasar dan distributor, koordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, realisasi belanja tidak terduga, serta pemberian bantuan transportasi dari APBD.

TPID bertanggung jawab untuk mengawasi harga barang dan jasa di pasar serta memastikan bahwa tidak terjadi kenaikan harga yang tidak wajar agar daya beli masyarakat tetap terjaga. 

"Melalui kegiatan capacity building ini, TPID diharapkan dapat memiliki keseragaman persepsi dalam menyusun strategi pengendalian inflasi di Kabupaten Agam,"ungkap Bupati.

Wakil Ketua Harian TPID Kabupaten Agam, Ir. Jetson, MT, dalam laporannya menyampaikan bahwa inflasi merupakan salah satu unsur yang sangat mempengaruhi perekonomian, baik di tingkat nasional, regional, maupun daerah. 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here