Beranda Kabupaten Agam Pemkab Agam Gandeng Orari dalam Penyebaran Informasi dan Peringatan Dini Bencana

Pemkab Agam Gandeng Orari dalam Penyebaran Informasi dan Peringatan Dini Bencana

Pemerintah Kabupaten Agam gandeng penyebaran informasi dan peringatan dini bencana dengan Lembaga Swadaya Masyarakat ORARI. 

0
203
Pemerintah Kabupaten Agam gandeng penyebaran informasi dan peringatan dini bencana dengan Lembaga Swadaya Masyarakat ORARI. 

Laporan: Linda Sari

AGAM, CARAPANDANG - Pemerintah Kabupaten Agam gandeng penyebaran informasi dan peringatan dini bencana dengan Lembaga Swadaya Masyarakat ORARI. 

ORARI sebagai sarana komunikasi dan informasi antar penduduk berperan penting dalam memberikan informasi dan komunikasi pencarian serta evakuasi korban dalam penanganan bencana. 

Semenjak 11 Mei 2924 yang lalu organisasi ini selalu inten dalam menyampaikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama masyarakat di daerah terdampak banjir bandang dari lokasi kejadian bencana maupun dari bantaran sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi  bekerjasama dengan pihak Pemkab Agam. 

Penyampaikan informasi sedini mungkin dilakukan melalui saluran frekwensi radio yang ditujukan kepada daerah-daerah yang tidak bisa dijangkau oleh jaringan telekomunikasi lainnya.

Dikatakan oleh Ketua ORARI Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi yang sering sapa Ajo ditemui di Posko ORARI di SDN 08 Kubang Duo Koto Panjang, Nagari Bukik Batabuah, Minggu (26/5) mengatakan organisasi ini selalu hadir di tengah-tengah masyarakat ketika terjadinya bencana baik alam maupun non alam sebagai  komunikasi cadangan nasional (Komcadnas). 

" kami berupaya selalu hadir ditengah-tengah masyarakat korban bencana untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara luas dan itu merupakan salah satu peran ORARI dalam masalah kebencanaan" katanya. 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here