Beranda Kabupaten Pohuwato Kabid Kebudayaan Disdikbud Pohuwato Hadiri Pelatihan Literasi Digitalisasi Adat dan Budaya Lokal

Kabid Kebudayaan Disdikbud Pohuwato Hadiri Pelatihan Literasi Digitalisasi Adat dan Budaya Lokal

0
157
Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pohuwato, Iswan Gau, berkesempatan jadi narasumber dalam Pelatihan Literasi Digitalisasi Adat dan Budaya Lokal

Laporan: Hamid Toliu

POHUWATO, CARAPANDANG - Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pohuwato, Iswan Gau, berkesempatan jadi narasumber dalam Pelatihan Literasi Digitalisasi Adat dan Budaya Lokal yang diselenggarakan di Desa Lembah Permai, Kecamatan Wanggarasi, pada Jumat (26/07/2024) malam.

Acara ini diinisiasi oleh Pelaksana Duta Digital bekerja sama dengan pemerintah desa dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT).

Pelatihan ini bertujuan untuk memajukan kebudayaan lokal melalui penerapan teknologi digital. Dalam paparannya, Iswan Gau menyampaikan pentingnya peran digitalisasi dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal. 

"Saya berpesan kepada peserta agar tetap menjaga dan melestarikan budaya lokal, terutama di tengah era digital yang semakin maju ini", ujar Iswan.

Lebih lanjut, Iswan menjelaskan bahwa digitalisasi dapat menjadi alat yang efektif dalam mendokumentasikan dan mempromosikan budaya lokal. 

"Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita bisa menyimpan dan menyebarkan informasi tentang adat dan budaya kita kepada generasi muda dan masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri", tambahnya.

Terakhir, Iswan Gau berharap agar peserta dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. 

"Saya berharap, setelah pelatihan ini, kita semua bisa menjadi pelopor dalam menjaga dan mempromosikan kebudayaan lokal melalui digitalisasi", pungkasnya.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait