Beranda Umum Jokowi Geram Instansi Pemerintah Terbiasa Belanja Barang Impor

Jokowi Geram Instansi Pemerintah Terbiasa Belanja Barang Impor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali geram lantaran masih terdapat instansi pemerintah mulai dari pusat hingga daerah masih terbiasa belanja barang impor.

0
1,193
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali geram lantaran masih terdapat instansi pemerintah mulai dari pusat hingga daerah masih terbiasa belanja barang impor.

CARAPANDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali geram lantaran masih terdapat instansi pemerintah mulai dari pusat hingga daerah masih terbiasa belanja barang impor.

Alhasil, diksi bodoh kembali terlontar dari mulut orang nomor satu di Indonesia tersebut untuk merepresentasikan rasa kesalnya dengan kebiasaan instansi pemerintah yang dinilainya tak kunjung berubah.

Hal ini dia sampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

"Bodoh sekali kita. Hati-hati saya sampaikan ke semua dinas. Kita kumpulkan pendapatan itu sulit sekali, income daerah, income negara sangat sulit sekali, kemudian belanjanya barang impor. Ini selalu saya ingatkan," katanya dalam forum tersebut.

Lebih lanjut, dia mengaku bahwa hingga saat ini dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan uang BUMN masih banyak yang dipakai untuk membeli barang impor.

Menurut data yang dimilikinya, porsi dana APBN yang dipakai untuk belanja barang impor mencapai 31 persen. Sedangkan, untuk APBD, porsi uang yang digunakan untuk belanja produk impor masih 44 persen.

Adapun, di BUMN porsi yang dipakai untuk membeli produk impor masih mencapai 54 persen. Oleh sebab itu, Kepala Negara mendorong kebiasaan belanja barang impor harus dikurangi.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait