Beranda Pemprov Sumbar IDM Sumbar 2024 Catatkan 368 Nagari/Desa Mandiri dan 10 Lainnya Teringgal, Mahyeldi Imbau Seluruh Pihak Satukan Tekad

IDM Sumbar 2024 Catatkan 368 Nagari/Desa Mandiri dan 10 Lainnya Teringgal, Mahyeldi Imbau Seluruh Pihak Satukan Tekad

0
291
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh pemangku kepentingan bertekad untuk membantu seluruh nagari/desa di Sumbar agar meraih status mandiri.

SUMBAR, CARAPANDANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh pemangku kepentingan bertekad untuk membantu seluruh nagari/desa di Sumbar agar meraih status mandiri. Berdasarkan data mutakhir Indeks Desa Membangun (IDM) Sumbar 2024, masih terdapat 10 nagari/desa berstatus tertinggal dari total 1.035 nagari/desa yang ada di Sumbar.

Imbauan itu disampaikan Gubernur saat membuka sekaligus menjadi pembicara kunci pada Rapat Koordinasi (Rakor) Data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2024 Provinsi Sumatera Barat, Rabu (04/09/2024) di Aula Kantor Gubernur Sumbar. Berdasarkan data IDM 2024, sejauh ini dari 1.035, tercatat 368 nagari/desa sudah berstatus mandiri.

"Tentu kita berkumpul hari ini dengan tekad untuk menerangi seluruh nagari/desa yang ada di Sumbar. Sebagaimana pesan Bapak Mohammad Hatta, bahwa satu obor di Monas Jakarta tidak akan bisa menerangi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menyalakan lampu di seluruh nagari/desa," ucap Mahyeldi dalam sambutannya.

Dalam paparannya, Mahyeldi merincikan bahwa dalam satu tahun terakhir, jumlah nagari/desa berstatus mandiri di Sumbar meningkat signifikan. Dalam IDM Sumbar 2024, nagari/desa mandiri berjumlah 368, sementara dalam IDM 2023 tercatat hanya 226. Sementara itu nagari/desa berstatus maju saat ini berjumlah 445, status berkembang sebanyak 212, dan berstatus tertinggal sebanyak 10 nagari/desa.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here