Beranda Ekonomi Harga Emas Bergerak Fluktuatif Pekan Ini

Harga Emas Bergerak Fluktuatif Pekan Ini

Berdasarkan data Refinitiv pada perdagangan awal Senin (26/8/2024) pukul 5.43 WIB, harga emas dunia menguat tipis 0,03% ke US$2.512,89 per troy ons.

0
573
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Harga emas dunia diperkirakan akan bergerak fluktuatif pada pekan ini karena rilis data-data yang menjadi kunci kebijakan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve atau The Fed.

Berdasarkan data Refinitiv pada perdagangan awal Senin (26/8/2024) pukul 5.43 WIB, harga emas dunia menguat tipis 0,03% ke US$2.512,89 per troy ons.


Pada pekan ini akan ada rilis data perkiraan kedua dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2024 akan dirilis pada pekan depan tepatnya pada Kamis mendatang.

Konsensus pasar dalam Trading Economics memperkirakan produk domestik bruto (PDB) perkiraan kedua AS pada kuartal II-2024 akan tumbuh 2,4%, sedikit menurun dari perkiraan awal PDB AS pada kuartal II-2024 sebesar 2,8%.

Setiap perubahan dapat memengaruhi ekspektasi terhadap langkah bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) berikutnya, meski The Fed sudah mengindikasikan akan memangkas suku bunga acuannya pada pertemuan September mendatang.

Revisi ini juga akan sangat penting untuk menilai ketahanan ekonomi AS dalam menghadapi potensi penurunan suku bunga.

Tak hanya data perkiraan kedua dari PDB AS, data indeks keyakinan konsumen (IKK) AS periode Agustus 2024 juga akan dirilis pada pekan ini, tepatnya pada Selasa mendatang.

Kepercayaan konsumen di AS telah menjadi pendorong utama aktivitas ekonomi dan laporan bulan Agustus akan menjadi barometer sentimen konsumen di tengah ketidakpastian ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait