Beranda Pemprov Sumbar Gubernur Mahyeldi Resmikan Perhelatan MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam

Gubernur Mahyeldi Resmikan Perhelatan MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam

0
356
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meresmikan perhelatan MTQ Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Agam.

SUMBAR, CARAPANDANGGubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meresmikan perhelatan MTQ Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Agam di Lapangan Ponpes Asy Syarif Koto Tangah Tilatang Kamang, Selasa (02/07/2024). Gubernur menegaskan, pelaksanaan MTQ sejak tingkat nagari hingga tingkat internasional bertujuan untuk memantapkan keterikatan masyarakat dengan Al-Qur'an.

"Meningkatkan keterikatan dengan Al-Qur'an itu artinya meningkatkan interaksi, pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan terhadap Al-Qur'an. Ini menjadi penting karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup. Fakta sejarah mencatat, bahwa apa yang diajarkan Rasulullah melalui Al-Quran, semuanya memberikan kebaikan pada kehidupan kita," ucap Gubernur dalam sambutannya.

Terlebih, sambung Gubernur, masyarakat Sumbar memiliki salah satu karakteristik yang khas, yaitu penerapan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Bahkan, karakteristik itu telah diakui negara secara de jure melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 tentang Sumatera Barat, yang juga diperkuat dengan kehadiran Perda tentang Nagari.

"Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengamalkan kandungan Al-Qur'an dalam keseharian kita di Sumbar, karena itu juga telah diatur melalui undang-undang, dan menjadi fakta yang tak terbantahkan. Pelaksanaan MTQ, merupakan wujud nyata kita mengimplementasikan undang-undang tersebut," ujar Gubernur lagi.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here