Beranda Ekonomi Emas Terjun 3%, Lima Hari Beruntun Terkoreksi

Emas Terjun 3%, Lima Hari Beruntun Terkoreksi

Pada akhir perdagangan kemarin, Rabu (7/8/2024) harga emas dunia (XAU) terkoreksi lagi 0,33% ke posisi US$ 2.381,53 per troy ons. Depresiasi ini menjadi yang lima hari beruntun. Selama lima hari tersebut, emas sudah ambruk 2,72% atau hampir 3%.

0
382
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Harga emas dunia masih loyo, dalam lima hari beruntun terkoreksi dan pada hari ini, Kamis (8/8/2024) masih potensi bergerak volatil.

Pada akhir perdagangan kemarin, Rabu (7/8/2024) harga emas dunia (XAU) terkoreksi lagi 0,33% ke posisi US$ 2.381,53 per troy ons. Depresiasi ini menjadi yang lima hari beruntun. Selama lima hari tersebut, emas sudah ambruk 2,72% atau hampir 3%.

Pelemahan lima hari ini juga menjadi yang pertama sejak awal Februari 2024. 

Pergerakan harga emas kemarin terbilang volatil. Secara intraday sempat ada rebound dengan menyentuh level tertinggi ke atas level psikologis US$ 2.400 per troy ons.


Sementara pada pembukaan perdagangan pagi ini, Kamis (8/8/2024) sekitar pukul 06.05 WIB, harga emas dunia menanjak tipis 0,05% ke US$ 2.382,76 per troy ons.

Emas justru tenggelam di tengah ketegangan geopolitik yang tetap meningkat seiring Israel menunggu pembalasan Hamas atas pembunuhan pemimpinnya, Ismail Haniyeh. Intelijen AS menunjukkan bahwa respons tersebut mungkin ditunda hingga Kamis malam atau Jumat.

Sementara itu, Mesir menginstruksikan semua maskapai penerbangannya untuk menghindari wilayah udara Iran selama tiga jam pada Kamis akibat ketegangan antara Israel dan Iran.

Emas adalah aset aman dan biasanya menguat tajam begitu ada ketegangan politik atau ketidakpastian ekonomi.

Pelemahan harga emas lebih dipengaruhi kenaikan indeks dolar AS (DXY) dan imbal hasil US Treasury.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait