Beranda Internasional Dukungan Transisi Hijau China Dari Produsen Peralatan Energi

Dukungan Transisi Hijau China Dari Produsen Peralatan Energi

sel bahan bakar hidrogen yang menenagai Bus-bus itu dapat menempuh jarak 450 kilometer dengan sekali pengisian daya

0
1,222
istimewa

CARAPANDANG - Selama gelaran Universiade ke-31 yang diadakan belum lama ini di Kota Chengdu, China barat daya, bus-bus yang dihiasi dengan elemen bertema panda raksasa yang melintas di jalanan menjadi pemandangan lazim.

Selain penampilannya yang unik, hal yang membedakan bus-bus ini ialah sel bahan bakar hidrogen yang menenagai kendaraan tersebut. Bus-bus itu dapat menempuh jarak 450 kilometer dengan sekali pengisian daya, mencatatkan efisiensi termal 1,5 kali lipat dibandingkan mesin pembakaran internal biasa.

Sistem tenaga berbahan bakar hidrogen adalah salah satu terobosan terbaru yang dibuat oleh Dongfang Electric Corporation (DEC), sebuah produsen peralatan pembangkit listrik terkemuka yang berbasis di Chengdu.

Didirikan pada 1958, DEC saat ini memproduksi sekitar sepertiga dari peralatan pembangkit listrik di China, yang menjadi bukti dari transisi energi di China selama 65 tahun terakhir.

Pada awal 1950-an, struktur energi China tidak variatif, dengan batu bara mentah menyumbang lebih dari 90 persen total konsumsi energi negara itu. Pada 1970-an, China memutuskan untuk mengembangkan tenaga nuklir guna mendiversifikasi struktur energinya.

Sejak 2006, produksi energi China telah mempercepat peralihannya dari energi konvensional ke energi bersih, dengan meningkatnya pangsa gas alam, tenaga air, tenaga nuklir, tenaga bayu, dan energi surya dalam bauran energi negara itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait