Beranda Pemprov Sumbar Dipimpin Mahyeldi, Sektor Pertanian Sumbar Tumbuh Pesat

Dipimpin Mahyeldi, Sektor Pertanian Sumbar Tumbuh Pesat

0
480
Di bawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy membuat sektor pertanian, tanaman pangan dan hortikultura di Sumbar semakin bertumbuh pesat.

SUMBAR, CARAPANDANG - Kerja keras Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) di bawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy membuat sektor pertanian, tanaman pangan dan hortikultura di Sumbar semakin bertumbuh pesat.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya manfaat yang dihasilkan dari ketiga sektor tersebut baik untuk petaninya sendiri maupun bagi daerah. Sektor itu, juga tercatat sebagai penopang utama pertumbuhan ekonomi di Sumbar.

”Kemajuan pesat sektor pertanian dan perkebunan di Sumatera Barat, berdampak signifikan bagi perekonomian daerah. Bahkan, itulah yang menjadi penopang utamanya,” sebut Gubernur Mahyeldi, Rabu (11/9/2024).

Sebelumnya, hal yang sama juga pernah ditegaskan Mahyeldi dalam Seminar Internasional yang menghadirkan pakar pertanian dari penjuru Indonesia bahkan dari luar negeri pada akhir pekan lalu di Padang. 

Mahyeldi menyampaikan pentingnya sektor pertanian dalam mendukung perekonomian Sumatera Barat dan berkontribusi terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Barat. Dikatakannya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2023, sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan menyumbang 21,20% terhadap PDRB Sumbar.

Ia menggarisbawahi berdasarkan data tersebut, artinya terjadi peningkatan kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi, yakni naik dari 2,18% pada tahun 2021 menjadi 3,52% pada tahun 2022 dan 3,54% pada tahun 2023.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here