Beranda Ekonomi BPS: Harga Bawang Merah Tercatat Turun di Pekan Ketiga September

BPS: Harga Bawang Merah Tercatat Turun di Pekan Ketiga September

Harganya rata-ratanya sebesar Rp27.838 per kilogram, sedangkan harga rata-rata di bulan lalu mencapai Rp28.112 ribu per kilogram.

0
157
Harganya rata-ratanya sebesar Rp27.838 per kilogram, sedangkan harga rata-rata di bulan lalu mencapai Rp28.112 ribu per kilogram.

CARAPANDANG - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan harga bawang merah tercatat turun di pekan ketiga September bila dibanding Agustus lalu. Harganya rata-ratanya sebesar Rp27.838 per kilogram, sedangkan harga rata-rata di bulan lalu mencapai Rp28.112 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah turun di pekan ketiga September 2024. Penurunan ini bila dibanding Agustus lalu," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Mingguan di Jakarta, Senin (23/9/2024).

Pudji merinci harga rata-rata nasional bawang merah saat ini turun hingga 1,57 persen bila dibanding Agustus. Adapun Harga Acuan Pemerintah (HAP) untuk komoditas ini berkisar di angka Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram.

Pudji mengatakan penurunan harga bawang merah terjadi di 45,28 persen wilayah Indonesia. Sedangkan jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga bawang merah di pekan ketiga September ada sebanyak 163 kabupaten dan kota.

Lebih lanjut Ia mengatakan pengendalian harga bawang merah harus terus dilakukan. Sehingga harga tetap terjangkau oleh masyarakat dan petani juga mendapatkan harga jual yang wajar.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait