Beranda Pemprov Sumbar Batagak Kudo-Kudo Masjid SMAN 3 Lubuak Basuang, Mahyeldi: Pusat Pendidikan Karakter Beragama bagi Pelajar

Batagak Kudo-Kudo Masjid SMAN 3 Lubuak Basuang, Mahyeldi: Pusat Pendidikan Karakter Beragama bagi Pelajar

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo menilai masjid/musala sangat penting sebagai pusat pendidikan karakter beragama pelajar muslim di Sumbar.

0
287
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo menilai masjid/musala sangat penting sebagai pusat pendidikan karakter beragama pelajar muslim di Sumbar.

SUMBAR, CARAPANDANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo menilai masjid/musala sangat penting sebagai pusat pendidikan karakter beragama pelajar muslim di Sumbar. Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menghadiri Baralek Batagak Kudo-Kudo Masjid Nurul Ilmi di Kompleks SMA Negeri (SMAN) 3 Lubuak Basuang, Kabupaten Agam, Senin (26/08/2024).

"Kita di Sumatera Barat, dalam menjalani kehidupan sehari-hari telah diatur dan diperkuat oleh kehadiran Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 tentang Sumatera Barat, yang menegaskan bahwa salah satu karakteristik orang Sumbar itu adalah memegang falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," ujar Mahyeldi.

Keradaan masjid atau musala di sekolah, sambung Mahyeldi, sangat penting sebagai pusat atau medium pembinaan karakter generasi muda Islam di Sumbar. Sebab, karakteristik beragama juga bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, sebagaimana tercantum dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa.

"Artinya, menjadi gagal pendidikan kita jika anak-anak kita tidak tahu ilmu agama. Maka gagal pendidikan saat anak-anak kita tidak beriman dan tidak mengenal Tuhan. Sebab, Pancasila pun dengan tegas menyatakan itu," ujar Mahyeldi di kompleks sekolah yang berada di Jalan Lintas Manggopoh-Pasaman (Simpang Sago) Lubuak Basuang tersebut.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here