Beranda Sains & Teknologi Aplikasi Temu dan Shein Mulai Kuasai Pasar Vietnam

Aplikasi Temu dan Shein Mulai Kuasai Pasar Vietnam

Barang-barang murah asal China sudah mulai membanjiri pasar Vietnam sejak e-commerce China, Temu, berhasil masuk ke negara tersebut pada Oktober 2024.

0
145
Barang-barang murah asal China sudah mulai membanjiri pasar Vietnam sejak e-commerce China, Temu, berhasil masuk ke negara tersebut pada Oktober 2024.

CARAPANDANG - Barang-barang murah asal China sudah mulai membanjiri pasar Vietnam sejak e-commerce China, Temu, berhasil masuk ke negara tersebut pada Oktober 2024.

Tak hanya Temu, pasar lokal Vietnam juga terancam dengan pertumbuhan Shein. Shein merupakan platform e-commerse yang menawarkan berbagai produk fesyen. Dengan pertumbuhan yang cepat karena menawarkan harga murah dan bebas ongkos kirim, pedagang lokal Vietnam mulai merasakan kekhawatiran.

Hal ini dirasakan produsen kopi Meet More, yang selama ini mengandalkan platform e-commerce asing seperti Shopee, Lazada, dan TikTok untuk menjual produknya, dengan 40% pendapatannya berasal dari platform tersebut.

Baru-baru ini, perusahaan China tersebut juga menjual produk serupa dengan harga lebih rendah dan menawarkan pengiriman gratis.

Hal ini membuat pedagang lokal merasa terancam. "Kami telah menurunkan harga untuk bersaing, tetapi itu juga berarti laba kami hilang," ungkap Meet More, dilansir VNExpress, Jumat (25/10/2024).

Meet More merupakan salah satu dari setengah juta penjual lokal Vietnam di platform e-commerce yang menghadapi tantangan besar akibat ekspansi Temu dan Shein.

Dengan hadirnya dua e-commerce tersebut membawa lebih banyak barang China ke Vietnam dengan harga yang jauh lebih murah.

Meskipun Temu belum terdaftar secara resmi di Vietnam, perusahaan ini telah menawarkan pengiriman gratis kepada para pembeli.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait